BANGKOK, KOMPAS. com – Pihak berwenang pada Thailand mulai mengangkut beberapa diantara kita yang dites positif Covid-19 dari Bangkok ke zona halaman mereka pada Selasa (27/7/2021).

Negeri Thailand secara khusus menyediakan kereta api agar pasien Covid-19 mengisolasi dan mendapat perawatan di kota asalnya, guna meringankan beban pola medis ibu kota dengan kewalahan.

Baca juga: Alami Krisis Makanan, Geng Monyet Serang Jalanan di Thailand

Sebuah kereta yang membawa lebih dari 100 pasien dan pekerja medis dengan peralatan pelindung sempurna meninggalkan kota menuju timur laut.

Kereta ini akan menurunkan pasien di tujuh provinsi, dalam mana mereka akan bertemu dengan petugas kesehatan dan dibawa ke rumah kecil.

Otoritas medis di Bangkok mengatakan Senin (26/7/2021) bahwa semua tempat tidur ICU untuk pasien Covid-19 di rumah sakit ijmal penuh. Beberapa orang lara dirawat di ruang genting darurat.

Para pejabat mengatakan mereka telah meminta petugas medis militer untuk membantu di sendi sakit sipil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Layanan ini akan tetap kami lakukan hingga tak ada lagi pasien Covid-19 yang tidak mendapat tempat di Bangkok, ” logat Wakil Perdana Menteri & Menteri Kesehatan Masyarakat Thailand Anutin Charnvirakul melansir AP pada Selasa (27/7/2021).

Dia mengatakan bus, van, dan bahkan motor terbang mungkin dikerahkan untuk mengirim orang kembali ke provinsi yang tidak terlalu terpengaruh.

Baca juga: Di Thailand Peluncuran Vaksin Covid-19 Perlahan-lahan, Pengunjuk Rasa Tuntut Negeri Turun Jabatan

Thailand awalnya mengarahkan kasus virus corona namun wabah melonjak dalam beberapa bulan terakhir.

Pemerintah Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha menghadapi kritik keras atas penanganannya kepada lonjakan varian delta dan program vaksinasi yang lemah, di tengah laporan orang meninggal di jalanan ataupun di rumah mereka sambil menunggu perawatan.