LONDON, KOMPAS. com – Ratu Elizabeth II peringati ulang tahun ke-100 suaminya, Pangeran Philip, secara menanam bunga mawar yang dinamai menurut gelarnya, “Duke of Edinburgh Rose, ” pada Kamis (10/6/2021).

Pangeran Philip, yang berulang tahun pada 10 Juni, meninggal 9 April lalu. Kalau masih tumbuh, berarti usia suami Permaisuri Elizabeth II ini sudah mencapai seabad.

Dilansir ABC News, anggrek itu ditanam di area taman Kastil Windsor, tempat tinggal Pangeran Philip semasa hidupnya.

Mengaji juga: Ratu Elizabeth Jalankan Tugas Besar Kerajaan Pertama Sejak Kematian Pangeran Philip

Bunga mawar ini dikasih pada Ratu Elizabeth II oleh Presiden Royal Horticultural Society, Keith Weed.

Saat menerimanya, Elizabeth, memandanginya dengan perasaan kacau. Haru sekaligus bahagia. Sedeng tentang Philip memenuhi dirinya.

Lantas, dia meminta lahan untuk menanam kembang itu, di taman teras bagian timur Kastil Windsor. Seolah jadi mawar dengan melambangkan cinta dan romansa abadi antara Elizabeth serta Philip.

Terima kasih telah membaca Kompas. com.
Dapatkan informasi, petunjuk dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Raja perempuan Elizabeth Terus Menyibukkan Diri Sejak Pangeran Philip Meninggal

Sezaman hidupnya, Pangeran Philip lumrah pawai mengatur tata situasi taman. Dialah yang selalu menentukan petak bunga dalam kastil itu.

Duke of Edinburgh serupa meminta untuk supaya tirta mancur teratai perunggu dengan ada di tengah rajin, dinyalakan setiap harinya. Membina kastil selalu segar & tampak lebih hidup

Keith Weed, dengan merasa bahwa pangeran kelahiran Yunani itu sangat berjasa, merasa bangga bisa memberikan bunga ini pada Istri raja Elizabeth II.

“Meskipun sangat mengharukan, pengalaman ini juga menyenangkan. Kembang ini diberikan untuk menandai ulang tahun ke-100 Duke of Edinburgh, sekaligus untuk mengingat jasa selama era hidupnya yang luar pelik, ” ungkap Weed.

Baca juga: Tradisi Ulang Tahun Romantis Ratu Elizabeth dan Tengku Philip