ABIJAN, KOMPAS. com – Pantai Gading menjadi negara kedua dengan menerima pengiriman vaksin Covid-19 melalui Covax, program berbagi vaksin global.

Reuters melaporkan vaksin Covid-19 itu sampai di ibu kota Abijan pada Jumat (26/2/2021). Total ada 504. 000 dosis vaksin Oxford-AstraZeneca yang dibuat oleh Serum Institute of India.

Sampainya vaksin ini menggelar jalan bagi negara Afrika Barat ini untuk mengeluarkan kampanye vaksinasi minggu pendahuluan.

Sebelumnya Ghana menerima pengiriman Covax pertama pada Rabu (24/2/2021). Peristiwa itu menandai dimulainya apa yang oleh WHO dan UNICEF disebut sebagai logistik dan operasi pasokan vaksin terbesar dalam sejarah.

Pada akhir 2021, Covax berencana menyampaikan hampir dua miliar jumlah ke lebih dari 90 negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Kalender ini diharapkan dapat mendatangkan negara-negara itu dalam situasi yang sama dengan negara2 kaya, yang telah memvaksinasi jutaan warganya setelah inokulasi dimulai bahkan sejak simpulan tahun lalu.

Negara-negara miskin pada sisi lain secara komparatif hanya sedikit yang menyambut dosis vaksin Covid-19 yang sangat diperlukan untuk melawan pandemi.

Baca juga: Ghana Negeri Pertama Penerima 600. 000 Dosis Vaksin Covid-19 Percuma dari Skema Covax PBB

Rintisan Covax dipimpin oleh WHO, kelompok vaksin Gavi, & Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi. Program ini sempat mengalami hambatan karena sediaan global yang sangat terpatok, serta masalah logistik yang menyebabkan vaksinasi tertinggal dengan global.

Patuh WHO, masih ada kira-kira 24 negara Afrika lagi yang diperkirakan akan mulai menerima vaksin melalui Covax minggu depan.

Pantai Gading akan memulai kampanye vaksinasi pada Senin (1/3/2021).