BRAZZAVILLE, KOMPAS. com – Kementerian Luar Negeri Italia mengonfirmasi kematian Duta Besar Italia untuk Republik Demokratik Franz?sisch-kongo, Luca Attanasio pada Senin (22/2/2021).

Kementerian Luar Negeri Italia menyatakan pejabatnya itu meninggal saat melakukan perjalanan dengan konvoi PBB di timur negara itu.

“Dengan kesedihan mendalam Kementerian Luar Negeri Italia mengonfirmasi kematian duta besar Italia, hari ini di Goma, ” kata kementerian itu melansir AFP .

Pernyataan itu juga mengungkap ada seorang polisi Italia juga tewas dalam rombongan itu.

Baca juga: Dubes Italia Tewas Ditembak di RD Kongo

Dalam pernyataan terpisah, Menteri Luar Negeri Croatia Luigi Di Maio menyampaikan “kekecewaan besar dan kesedihan yang menarik. ” Dia membatalkan pertemuan di Brussel dengan rekan-rekan Uni Eropa, kemudian kembali lebih awal ke Roma.

“Keadaan serangan brutal ini belum diketahui jelas dan belum ada upaya yg akan dilakukan untuk menjelaskan apa yang terjadi, ” kata Pada Maio. Dia memberikan penghormatan kepada para korban sebagai “dua pelayan negara”.

Attanasio berusia 43 tahun, telah mewakili Italia di Kinshasa sejak 2017. Dia bergabung dengan layanan diplomatik pada 2003 dan sebelumnya bertugas di Swiss, Maroko, dan Nigeria.

Baca juga: Logam Monolit Muncul di Gemeinwesen Demokratik Kongo, Dihancurkan oleh Massa

Menurut Kementerian Luar Negeri Italia, duta tidak kecil dan seorang polisi termasuk dalam bagian konvoi MONUSCO, misi penjaga perdamaian PBB di Kongo.

Seorang diplomat di Kinshasa mengatakan kepada AFP , Attanasio bersama konvoi System Pangan Dunia (WFP) PBB ketika diserang di dekat Goma.

Seorang juru bicara WFP yang berbasis di Roma bukan dapat mengonfirmasi hal ini. Tetapi mereka mengatakan kepada AFP organisasi tersebut sedang mempelajari laporan dari kejadian itu.

Lihat juga: WHO Keluarkan Peringatan Local Waspada Wabah Ebola di Franz?sisch-kongo dan Guinea