OSAKI, KOMPAS. com – Kondisi ustaz tol Tohoku di Osaki, prefektur Miyagi, Jepang, diguyur hujan salju lebat dan diterpa angin kencang mencapai 100 km per jam, saat terjadi kecelakaan beruntun 134 mobil.

Tabrakan bersambung yang terjadi pada Selasa (19/1/2021) siang hari ini membuat sekitar 200 pengendara atau penumpang terperangkap, dan seorang pria meninggal negeri.

Sementara itu 10 hingga belasan orang dilarikan ke rumah sakit, kata polisi serta pemadam kebakaran.

Baca juga: Kecelakaan Fatal Terjadi di Jepang 130 Kendaraan Silih Bertabrakan

Kyodo News mewartakan, Badan Meteorologi Jepang sebelumnya telah mengeluarkan peringatan angin kencang dan badai salju yang sanggup mengganggu lalu lintas.

Markas regional Badan Meteorologi Jepang di Sendai mencatat, kecepatan jalan mencapai sekitar 100 km bohlam jam, di dekat lokasi bencana sekitar pukul 11. 55 siang.

Angka tersebut adalah rekor angin terkencang di provinsi itu bulan ini.

Kondisi jalan juga tertutup salju dan licin. Sementara itu di wilayah Hokkaido, Tohoku, dan Hokuriko diperkirakan akan ada longsor salju.

Baca serupa: 200 Orang dan 134 Mobil Kecelakaan Beruntun di Jepang, 1 Tewas

Menyusul terjadinya kecelakaan beruntun tersebut, pemerintah mendirikan pusat penghubung pada kantor perdana menteri.

Akibat cuaca buruk juga, East Japan Railway menghentikan beberapa layanan kereta super cepat Shinkansen di prefektur Miyagi, Iwate, dan Akita di wilayah Tohoku serta kawasan lainnya.

Badan Meteorologi Jepang memperkirakan, angin kencang mencapai 126 km per jam akan menerjang Hokkaido di utara & Hokuriku di tengah.

Kemudian di Tohoku kecepatan angin maksimal kemungkinan 108 km mulai jam.

Dalam 24 jam hingga Rabu (20/1/2021) pukul 6 pagi, sebagian wilayah Hokuriku, Tohoku, dan Hokkaido diperkirakan salju akan menumpuk dengan ketebalan tenggat 50, 40, dan 30 cm.

Baca pula: Meluncur Februari di Jepang, Pustaka HR-V Generasi 3 Masuk Indonesia?