HONG KONG, KOMPAS. com – Hong Kong melarang seluruh kedatangan pesawat yang berasal lantaran Inggris mulai Senin (21/12/2020) pada tengah malam waktu setempat.

Keputusan tersebut menjadikan Hong Kong sebagai negara pertama dalam Asia yang mengumumkan pelarangan kehadiran pesawat yang berasal dari Inggris.

Di sisi lain, negara-negara di Asia seperti Jepang dan Korea Selatan mengatakan mereka memantau dengan cermat varian segar virus corona.

Baca juga: Varian Anyar Virus Corona Masuk Australia, Dibawa 2 Orang dari Inggris

Namun, negara-negara tersebut belum memutuskan untuk melarang kedatangan pesawat dari Inggris.

Langkah tersebut diambil otoritas Hong Kong setelah varian baru virus corona muncul di Inggris sama dengan dilansir dari Reuters .

Hong Kong sendiri kini masih berusaha untuk mengekang jumlah kasus Covid-19 yang terus meningkat.

Baca juga: AS Menghormati Varian Baru Virus Corona dengan Sangat Hati-hati

Menteri Kesehatan Hong Kong, Sophia Chan, mengatakan pada Senin bahwa pihaknya memerlukan tindakan lebih sendat yang lebih kuat dan terarah untuk mencegah penyebaran Covid-19 lebih masif di Hong Kong.

“Kami sekarang berada pada tahap yang sangat kritis, ” kata Chan dalam jumpa pers pada Senin.

“Selama gelombang keempat (Covid-19), kami sudah melihat bahwa virus (corona) betul mudah menular dan kondisi pasien lebih parah daripada sebelumnya, ” imbuh Chan.

Baca juga: Varian Baru Virus Corona Menyebar, Kasus Covid-19 di Inggris Melonjak Drastis

Selain itu, orang yang tiba di Hong Kong lantaran Inggris sebelum 22 Desember harus menjalani karantina selama 21 keadaan.