WASHINGTON DC, KOMPAS. com – Pertama kalinya dalam sejarah, Angkatan Laut Amerika Serikat ( AS) menunjuk seorang perempuan untuk menjadi komandan di kapal induk AS.

Perempuan yang ditunjuk sebagai komandan pesawat induk AS adalah Kapten Amy Bauernschmidt sebagaimana dilansir dari Business Insider , Selasa (8/12/2020) pekan lalu.

Bauernschmidt akan menjadi komandan di salah satu kapal induk milik AS. Penjukkan Bauernschmidt pertama kali dilaporkan oleh Task & Purpose .

Kendati demikian, tidak dijelaskan kapal induk mana yang dikomandoi oleh Bauernschmidt mengingat AS mempunyai 11 unit kapal induk.

Baca juga: China Segera Miliki Kapal Induk Ketiga, Jauh Lebih Canggih dan Besar

Bauernschmidt lolos dari Akademi Angkatan Laut AS pada 1994. Pada tahun dengan sama, Kongres AS mengubah undang-undang (UU) dan mengizinkan wanita bekerja di atas kapal perang.

Dalam sebuah wawancara dengan CBS News pada 2018, tempat mengatakan bahwa perubahan UU tersebut mengubah hidupnya.

“Kami merasa terhormat dengan hak sempurna untuk bisa ikut mengabdi berhubungan rekan-rekan kami lainnya dalam persabungan, ” kata Bauernschmidt.

Setelah lulus dari Akademi Bala Laut AS, Bauernschmidt sempat bertugas di Helicopter Anti-submarine Squadron Light 45, juga dikenal sebagai Wolfpack.

Baca pula: Iran Hujani Tiruan Kapal Induk AS dengan Rudal

Helikopter anti-kapal selam itu ditempatkan di atas kapal perusak USS John Young yang membantu operasi pelanggaran maritim.

Kemudian, dia dipilih untuk memimpin Helicopter Maritime Strike Squadron 70 yang mendukung Operation Enduring Freedom di atas kapal induk USS George HW Bush.