KUALA PERLIS, KOMPAS. com – Seorang tenaga medis pada Malaysia menuai banyak kupasan setelah menyebut HIV adalah cara Tuhan menghukum itu yang melakukan seks dalam luar nikah.

Tenaga medis bernama Mohd Izham itu mengatakan kejadian tersebut melalui akun TikTok-nya.

Melansir Coconuts , Rabu (29/9/2021), Izham adalah dokter magang di salah satu klinik kesehatan di Kuala Perlis, Malaysia.

Baca juga: Putri Diana dan Fotonya yang Mengubah Stigma Negatif HIV/AIDS

Video tersebut membuat banyak reaksi serta kecaman dari netizen . Selain itu, ada banyak pihak yang juga meminta Kementerian Kesehatan Malaysia menindak Izham.

Dalam video yang diunggah pada 16 September tersebut, Izham mulanya menceritakan seorang pasien yang mengaku berbagai macam masalah pada alat kelaminnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah itu, Izham memeriksa pasien tersebut dan terkejut. Dia sudah berfirasat buruk dan bertanya-tanya apakah si pasien mengidap sifilis, HIV, atau gonore.

Untuk mengetahui penyakit yang diderita pasien, Izham lantas mengambil sampel darah pasien. Dia meminta pasien datang lagi beberapa hari kemudian untuk mengetahui hasil tesnya.

Baca juga: Inilah Orang Kedua di Dunia yang Sembuh dari HIV, Pulih Berkat Obat Berisiko Tinggi

“Benar, pasien itu positif HIV, ” kata Izham.

Beberapa hari kemudian, pasien datang dan Izham memberi hasil tesnya. Si pasien langsung terduduk dan merasa takut seketika.

“Tuhan menciptakan HIV (sebagai) hukuman bagi mereka yang melakukan hubungan seks sebelum nikah, ” tuturnya.