NEW DELHI, KOMPAS. com – Kasus corona di India yang melonjak tinggi belakangan itu membuat sejumlah negara tergerak untuk mengirim bantuan.

Setidaknya ada lima negara plus Uni Eropa yang telah menyatakan bakal membantu, untuk menekan angka kasus Covid-19 India dengan mengganas.

Merangkum pemberitaan AFP tentang update kasus Covid India, berikut adalah daftar negara sponsor bantuan tersebut.

Baca juga: Update Krisis Covid-19 India: Oksigen Bagaikan Emas, Bangladesh Tutup Perbatasan, Kiriman Bantuan Internasional

1. Jerman

Kanselir Jerman Angela Merkel pada Minggu pagi (25/4/2021) menyampaikan, pemerintahannya sedang mempersiapkan bantuan darurat untuk kasus corona pada India.

Belum ada rincian langsung tentang apa yang akan dikasih Jerman, sebagai negara Uni Eropa dengan perekonomian terbesar.

Namun, media Der Spiegel melaporkan kalau angkatan bersenjata Jerman sudah mendapat permintaan untuk membangun mengatur pasokan oksigen.

Menyuarakan juga: Covid-19 India: Sejarah Pilu Ibu yang Dirampok dan Putranya Meninggal Usai Ditolak RS

Seorang anggota keluarga memakai alat pelindung diri (APD) di sebelah jenazah seorang wanita, yang meninggal akibat terinfeksi virus corona (Covid-19) sebelum dikremasi, di krematorium, New Delhi, India, Sabtu (24/4/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/ADNAN ABIDI Seorang anggota anak memakai alat pelindung muncul (APD) di sebelah jenazah seorang wanita, yang meninggal akibat terinfeksi virus corona (Covid-19) sebelum dikremasi, pada krematorium, New Delhi, India, Sabtu (24/4/2021). 2. Bon Eropa

Tak lama sesudah Jerman menyatakan rencana bantuannya, Uni Eropa juga mencanangkan hal serupa.

“Khawatir secara situasi epidemiologi di India, kami siap membantu, ” tulis Kepala Komisi Eropa Ursula von der Leyen di Twitter, Minggu (25/4/2021).

“UE mengumpulkan sumber daya untuk menanggapi dengan cepat permintaan bantuan India, meniti mekanisme perlindungan sipil UE, ” lanjutnya.

Mekanisme itu memungkinkan negara-negara Uni Eropa mengkoordinasikan bantuan mereka pada keadaan darurat.