SINGAPURA, KOMPAS. com – Singapura memisahkan perlakuan bagi warganya dengan disuntik vaksin Sinovac, Pfizer, dan Moderna.

“Mereka (penerima vaksin Sinovac) mungkin tidak diperlakukan secara cara yang sama seolah-olah yang divaksinasi di kolong program nasional kami, ” kata Kementerian Kesehatan Singapura pada Rabu (30/6/2021) dikutip dari Bloomberg .

Sebagai informasi, vaksin Covid-19 yang termasuk program nasional Singapura adalah yang berbasis mRNA yaitu Pfizer dan Moderna.

Menyuarakan juga: Cara Singapura Bersiap Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Oleh sebab itu, para penerima vaksin Sinovac masih harus ulangan Covid-19 jika akan mendatangi sebuah acara, sedangkan penyambut vaksin Pfizer atau Moderna tidak perlu melakukannya.

Dokter pun diwajibkan memberitahu penerima vaksin Sinovac di Singapura atas hasil yang akan dihadapi.

Bloomberg melanjutkan, kemungkinan penyambut vaksin Sinovac juga tidak akan memenuhi syarat buat menikmati pelonggaran lain sebab Pemerintah Singapura.

Dapatkan informasi, petunjuk dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Contohnya melakukan penjelajahan ke luar negeri minus karantina 14 hari saat kembali ke “Negeri Singa”.

Mengucapkan juga: Yakin Virus Corona Tak Bisa Lenyap, Singapura Berencana Tangani Covid-19 serupa Endemik

Singapura memandang vaksin mRNA bertambah efektif dalam mencegah Covid-19 parah dan kematian, tetapi juga dapat mengurangi penularan, berbeda dengan vaksin non-mRNA seperti Sinovac dan AstraZeneca.

Pada rata-rata Juni, Singapura mengizinkan 24 klinik swasta melakukan penyuntikan vaksin Sinovac, meski vaksin belum disetujui oleh regulator.

Orang-orang pun antre mendaftar, tetapi Pemerintah Singapura belum merilis masukan berapa banyak dosis yang telah diberikan.

WHO mengatakan, vaksin Sinovac dibuat dari metode tradisional dengan menyuntikkan bentuk virus tidak aktif untuk mengipasi respons kekebalan.

Vaksin itu dapat dikasih kepada orang-orang yang kekebalannya terganggu, lanjut WHO.

Baca selalu: Singapura Izinkan Penggunaan Vaksin Sinovac Lewat Klinik Swasta, Harga Mulai Rp 108. 000