TEHERAN, KOMPAS. com – Ucapan terjamin mengalir untuk Ebrahim Raisi pada Sabtu (19/6/2021) sebab dianggap memenangi pemilihan presiden (pilpres) Iran bahkan pra hasil resmi diumumkan.

Raisi merupakan ulama konservatif alias garis tulang dan merupakan salah kepala calon presiden (capres) Iran. Pemungutan suara pilpres Iran digelar pada Jumat (18/6/2021).

Pada Sabtu, Raisi memimpin penghitungan suara dalam pilpres Iran secara mendulang 17, 8 juta suara menurut pernyataan penguasa pemerintah yang disiarkan televisi sebagaimana dilansir Reuters .

Baca juga: Ulama Garis Keras Ebrahim Raisi Makin Dekat Oleh karena itu Presiden Iran

Tiga capres saingan Raisi bahkan mengucapkan terjamin kepadanya karena dianggap menyikat pilpres, bahkan belum hasil formal diumumkan sebagaimana dilansir AFP .

Dalam pidato yang disiarkan televisi, Presiden Iran Hassan Rouhani yang akan geser memberi selamat kepada kepala pilihan rakyat, tanpa menuturkan nama.

Terima kasih sudah membaca Kompas. com.
Dapatkan informasi, petunjuk dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Karena belum diumumkan secara resmi, saya akan menunda memberikan selamat secara resmi. Akan tetapi sudah jelas siapa yang paling banyak mendapat suara, ” kata Rouhani.

Mengucapkan juga: Pemilu Iran: Pemungutan Suara Selesai, Ini Para-para Capresnya

Dua capres berpandangan ultrakonservatif lain, Mohsen Rezai dan Amirhossein Qazizadeh Hashemi, dengan eksplisit mengucapkan selamat kepada Raisi.

Masa penghitungan suara masih berlanjut, ketua kantor pilpres Iran Jamal Orf mengumumkan Raisi meraup 62 persen perkataan sebagaimana dilansir AFP .

Raisi dilihat sebagai orang dekat dengan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei yang memiliki kekuatan politik tertinggi di Iran.

Pemungutan diperpanjang dua jam melewati batas masa tengah malam di pusat kekhawatiran rendahnya jumlah pemilih yakni 50 persen atau kurang.

Baca juga: Iran Semakin Mendekati Batas Minimal Target untuk Membuat Nuklir