KOMPAS. com – Disebut punya pelatihan senjata api terbaik di dunia, GIGN (Groupe d’Intervention de la Gendarmerie Nationale), pasukan elite Perancis itu layak diperhitungkan.

Berbagai operasi dan misi besar-besaran berhasil ditaklukkan. Membuat GIGN punya track record yang lumayan membanggakan. Tercatat dalam misi penyelamatan Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi.

Dengan jalan apa sejarah awal dan kegiatan pasukan ini?

Baca juga: Bentuk Pasukan Khusus Dunia: Marcos India

Cikal bakal GIGN

Pasca-pembantaian Muenchen selama Olimpiade pada 1972, ditambah pemberontakan di Penjara Clairvaux tarikh 1971, Perancis tampaknya berangkat kewalahan.

Negeri yang beribukota di Paris ini berusaha menemukan penyelesaian atas berbagai ancaman dengan terjadi. Sekaligus tetap berlaku melindungi masyarakat dari banyaknya gejolak yang terjadi.

Inilah cilkal bakal kelahiran unit operasi khusus angkatan bersenjata Prancis, yang dinamakan Groupe d’Intervention de la Gendarmerie Nationale (GIGN).

Terima kasih telah membaca Petunjuk. com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mulai rajin pada 1 Maret 1973, GIGN punya semangat jadi pasukan elite yang bisa melakukan serangan brutal sekaligus sulit diprediksi. Bagian daripada National Gendarmerie ini dilatih untuk melakukan misi penyelamatan kontra-teroris dan sandera.

Tak hanya pada Perancis, bahkan di potongan dunia mana pun.

Di bawah instruksi Letnan Christian Prouteau, GIGN segera menjelma sebagai raksasa baru di dunia rombongan khusus dunia.

Baca juga: Bentuk Pasukan Khusus Dunia: SSG Pakistan

Operasi dan hasil penting

Berbagai prestasi penting berhasil dicatat GIGN. Sejak pembentukannya, tercatat GIGN sudah mengambil lebih dari seribu berdiam, membebaskan lebih dari 500 sandera, menangkap lebih dibanding seribu tersangka, dan memutus 12 teroris.