JENEWA, KOMPAS. com – Panel Independen buat Kesiapsiagaan dan Respons Pandemi (IPPPR) dalam laporan, dengan dirilis Rabu (12/5/2021), mewujudkan beberapa rekomendasi tentang bagaimana menangani pandemi saat ini.

IPPPR diketuai bersama oleh mantan Pertama Menteri Selandia Baru Helen Clark, dan mantan Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf, seorang penerima Hadiah Nobel Perdamaian 2011.

Baca juga: Panel Ahli Internasional: Besarnya Bala Pandemi Covid-19 Seharusnya Bisa Dicegah

Negara anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Mei tarikh lalu meminta Laporan daripada panel ahli internasional itu.

Laporan yang akhirnya dirilis dalam Rabu (12/5/2021) berjudul “Covid-19: Make it the Last Pandemic”, berpendapat bahwa bentuk alarm global perlu dirombak untuk mencegah bencana sebentuk.

Berikut rekomendasi yang diajukan berdasarkan laporan “: Make it the Last Pandemic” tersebut seperti dilansir Daily Mail pada Rabu (12/5/2021).

1. Berbagi vaksin

Untuk mengatasi pandemi saat ini, panel itu meminta negara-negara terkaya untuk menyumbangkan satu miliar ukuran vaksin kepada yang termiskin.

Negara makmur dan divaksinasi dengan baik harus menyediakan itu buat 92 wilayah termiskin dalam skema Covax.

Secara spesifik untuk menuntaskan pandemi, negara-negara kaya menetapkan menyediakan paling tidak 1 miliar vaksin Covid-19 pada yang termiskin di negeri pada September.

“Kemudian dua miliar teristimewa pada akhir 2022, ” para ahli menambahkan.

2. Tranfer teknologi vaksin

WHO dan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) juga harus meminta negara-negara penghasil vaksin tinggi dan produsen, untuk meluluskan lisensi sukarela dan memindahkan teknologi untuk vaksin Covid-19.