WASHINGTON DC, KOMPAS. com – Amerika Serikat (AS), Jepang, dan Korea Selatan bersatu menghadapi kekhawatiran mengenai program nuklir Korea Mengadukan.

Penasihat Kebahagiaan Nasional AS Jake Sullivan pada Jumat (2/4/2021) melakukan pertemuan dengan rekan-rekannya daripada Korea Selatan dan Jepang.

Pertemuan tersebut digelar di Akademi Angkatan Laut AS di Annapolis, Maryland, AS. Delegasi Korea Selatan diwakili oleh Suh Hoon sedangkan delegasi Jepang diwakili Shigeru Kitamura.

Ketiga penguasa itu mengatakan dalam penjelasan bersama bahwa mereka berbagi keprihatinan tentang program peluru kendali nuklir dan balistik Korea Utara.

Baca juga: AS Mau Duduk bareng Jepang & Korsel untuk Bicarakan Korea Utara

Ketiganya juga berjanji untuk memperkuat kerja sama trilateral bersama menuju denuklirisasi sebagaimana dilansir AFP .

“Mereka sepakat tentang keharusan implementasi penuh dari putusan Dewan Keamanan PBB dengan relevan oleh komunitas internasional, termasuk Korea Utara, ” bunyi pernyataan itu.

“Mencegah proliferasi & kerja sama untuk menguatkan pencegahan dan memelihara perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea, ” sambung pernyataan itu.

Selain itu, ketiga pejabat luhur tersebut juga membahas upaya pemberantasan Covid-19, perubahan iklim, dan cara memulihkan demokrasi di Myanmar.

Baca juga: Korea Utara Uji Coba Rudal, Biden Lontarkan Ancaman

Sebelumnya, mantan Presiden AS Donald Trump sempat bertemu dengan Majikan Korea Utara Kim Jong Un beberapa kali.

Dalam pertemuan tersebut, Trump berencana membujuk Korea Utara untuk meninggalkan kalender nuklirnya. Namun upaya itu gagal total.