ABUJA, KOMPAS. com awut-awutan Sekelompok pria bersenjata telah menculik setidaknya 27 siswa dari sekolah menengah pertama (SMP) di negara bagian Nigeria sedang, menurut pejabat setempat.

Direktur Jenderal Operasi Penting Negara Bagian Niger Abdullberqy Ebbo dalam Twitnya mengatakan bahwa seorang siswa ditembak oleh seorang penyamun dan meninggal dunia.

Baca juga: Pria Bersenjata di Nigeria Culik Para Budak Panti Asuhan demi Tebusan Rp 300-an Juta

Dia menambahkan bahwa tiga personel sekolah dan 12 anggota tim mereka juga termasuk di jarang yang diculik para bandit bersenjata itu.

Sebelumnya pada Rabu, Ibrahim Matane, penulis pemerintah Negara Bagian Niger, mengutarakan bahwa orang-orang bersenjata telah menggunakan Government Science College di Kagara, lapor Al Jazeera .

Lokasinya kira-kira 260 kilometer barat laut pokok kota Nigeria Abuja, sekitar memukul 3 pagi waktu setempat.

Baca juga: ISIS Serang Konvoi Militer Nigeria, 13 Tentara Tewas

Para bandit bersenjata memakai sebangun militer dan penutup wajah zaman menyerbu sebuah asrama SMP madrasah dan menculik anak-anak lapor jalan lokal. Beberapa anak sekolah berhasil kabur selama insiden itu.

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari mengutuk serangan itu dengan menyebutnya sebagai “serangan pengecut terhadap anak-anak sekolah yang tidak bersalah”.

Buhari telah mengarahkan barisan bersenjata dan polisi untuk meyakinkan semua tawanan selamat dan menyelamatkan mereka, terang Juru bicara kepala Garba Shehu pada Rabu.

Baca juga: Serangan Malam Natal Boko Haram Tewaskan 7 Orang di Tempat Nigeria

Sejauh ini belum ada kelompok militan yang bertanggung jawab atas kesibukan tersebut. Insidenitu terjadi beberapa tanda setelah kelompok bandit merilis suatu video yang menunjukkan lebih lantaran 20 orang diculik dari bus di dekat kota Zungeru, negara bagian Niger.

Insiden tersebut meningkatkan kekhawatiran tentang kebahagiaan dan kekerasan di bagian utara negara tersebut.

Di dalam akhir tahun lalu, ratusan siswa juga diculik namun insiden tersebut juga tidak diketahui siapa karakter sebenarnya.

Menyuarakan juga: Kami Dipaksa Berjalan, Kelaparan dan Dipukuli, Kesaksian Murid yang Disandera Kelompok Bersenjata di Nigeria

Sebanyak 344 siswa sekolah yang diculik era itu telah berhasil diselamatkan serta dibawa pulang oleh aparat keamanan Nigeria.

Kabar tersebut disampaikan oleh Gubernur Negara Arah Katsina, Nigeria, Aminu Masari, di wawancara yang disiarkan televisi di Kamis (17/12/2020).

Kelompok teroris Boko Haram sebelumnya mengekalim bertanggung jawab telah menculik 344 siswa sekolah tersebut. Namun, klaim tersebut sulit untuk diverifikasi kebenarannya.

Baca serupa: Ratusan Siswa yang Diculik pada Nigeria Akhirnya Diselamatkan