NAYPYIDAW, KOMPAS. com – Video senam yang diperagakan instruktur aerobik Khin Hnin Wai saat kudeta Myanmar berlangsung, viral sampai diberitakan media- media asing.

Di videonya Khin tidak sadar sedang terjadi kudeta militer, meski kendaraan taktis terlihat memasuki bulevar menuju gedung parlemen untuk mewujudkan blokade.

Setelah viral di media sosial, video senam dengan latar lagu Ampun Bang Jago ini pun turut menjadi menggubris media asing dan masyarakat negeri.

Baca pula: Wanita Ini Lakukan Aerobik pada Tengah Kudeta Myanmar Diiringi Lagu Ampun Bang Jago

Berikut ini Kompas. com merangkum empat pemberitaan media aneh tentang senam Bang Jago tersebut. Videonya bisa Anda lihat dalam sini.

satu. AFP (Perancis)

Dalam pemberitaan berjudul Myanmar aerobics instructor dances through military coup , Agence France-Presse atau AFP mendongengkan identitas sang instruktur senam serta bagaimana kejadian itu berlangsung.

“Guru olahraga dalam Naypyidaw, ibu kota Myanmar, memposting rekaman latihannya ke Facebook di dalam Senin pagi, sambil bergoyang serta melambaikan tangannya mengikuti irama gaya, ” tulis AFP .

“Tanpa sepengetahuannya, sejarah sedang terjadi tepat dalam belakangnya ketika kendaraan lapis baja dan SUV hitam melintas pada Bundaran Royal Lotus dekat kongres negara itu, ” lanjut media asal Perancis tersebut.

AFP menyebut video senam Bang Jago itu viral dengan lebih dari 630. 000 views di Facebook.

“Sebelum saya mendengar berita (kudeta) di pagi hari, video dengan saya buat untuk lomba senam aerobik menjadi kenangan tak terbangai, ” ungkap Khing Hnin Wai dalam unggahannya.

Baca juga: Ampun Bang Jagoan Terkenal Sampai Myanmar, Videonya Buat Salah Pokok